Benarkah Sertifikasi ISO 9001 itu Layak untuk Perusahaan?

Benarkah Sertifikasi ISO 9001 itu Layak untuk Perusahaan?

Jasa Sertifikasi ISO – Bersertifikat ISO 9001 berarti perusahaan Anda dapat secara efektif mempertahankan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan standar ISO 9001. Namun, untuk sampai ke titik ini bisa menjadi proses yang memakan waktu. Begitu banyak perusahaan mempertanyakan apakah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 itu layak atau malah tidak sepadan dengan semua masalahnya.

Apakah sertifikasi ISO 9001 sepadan? Meskipun proses menjadi ISO 9001 bisa lama dan tampak menantang di setiap prosesnya, tetapi hal itu bisa sepadan dengan usaha yang akan Anda lakukan. Namun, apakah sertifikasi ISO 9001 tepat untuk bisnis Anda tergantung pada perusahaan Anda.

Bersertifikat ISO 9001 memberikan lebih banyak keuntungan daripada yang Anda bayangkan. Terserah manajemen tingkat atas untuk menentukan apakah hasil sertifikasi ISO 9001 layak atau tidak. Jika perusahaan Anda tidak yakin apakah sertifikasi ISO 9001 adalah cara terbaik untuk mengembangkan perusahaan, berikut ini adalah daftar kelebihan sertifikasi ISO 9001.

Kelebihan Sertifikasi ISO 9001

Ketika Anda bersertifikat ISO 9001, Anda menjadi salah satu dari lebih dari satu juta perusahaan di dunia yang dihormati dengan kedudukan bergengsi ini melalui International Organization for Standardization (ISO). Namun, itu bukan satu-satunya manfaat yang Anda lihat dari disertifikasi:

Membantu Memahami Perusahaan Anda

Menerapkan sistem manajemen kualitas yang baru akan berarti bahwa Anda harus mengevaluasi kinerja perusahaan Anda terlebih dahulu. Dari sana, Anda dapat menentukan langkah-langkah apa yang diperlukan untuk memenuhi standarisasi ISO 9001.

Melalui metrik dan data bisnis, serta mengenali sistem dan proses yang diperbarui, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda saat ini. Anda akan dapat merencanakan dan menerapkan perubahan yang akan meningkatkan poin Anda yang lebih lemah.

Baca Juga: Mengapa Pelatihan Karyawan Dibutuhkan untuk Mencapai Kesuksesan?

Bisa Lebih Fokus pada Kualitas

Standar ISO 9001 dibangun di atas tujuh prinsip kualitas:

  • Fokus pelanggan
  • Kepemimpinan
  • Keterlibatan Personel
  • Pendekatan Proses
  • Perbaikan
  • Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
  • Manajemen Hubungan

ISO 9001 mensyaratkan bahwa perusahaan Anda tetap fokus pada penyediaan kualitas berdasarkan pada prinsip-prinsip ini. Dan dengan melakukan itu, Anda akan meningkatkan operasi bisnis, produk dan layanan Anda, serta kepuasan karyawan dan pelanggan.

Meningkatkan Operasi Perusahaan

Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses perusahaan Anda. Manajemen dan karyawan akan mulai memperhatikan betapa lebih mudahnya peran dan beban kerja mereka untuk ditangani.

Selain itu, meningkatkan operasi perusahaan akan memberikan kontrol lebih besar terhadap proses Anda (terutama dengan persyaratan ISO 9001 untuk dokumentasi). Ini akan memungkinkan tim Anda untuk terus memberikan produk dan layanan berkualitas, sambil memenuhi hingga melampaui harapan pelanggan Anda.

Meningkatkan Moral dan Kepuasan Kerja

Sistem manajemen mutu juga akan membantu karyawan belajar bagaimana melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Mulai dari menetapkan lebih banyak tujuan hingga memberikan umpan balik mengenai kinerja pekerjaan. Dan hal ini, ditambah dengan perbedaan yang signifikan dalam bagaimana pekerjaan mereka menjadi lebih efisien dan lebih nyaman. Tentunya dengan sistem manajemen mutu yang akan meningkatkan moral staf dan kepuasan kerja.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan meningkatkan operasi, produk, dan layanan perusahaan Anda, serta membuat karyawan Anda senang bekerja untuk perusahaan Anda, Anda pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan juga.

Pelanggan Anda akan melihat proses yang lebih cepat, produk dan layanan yang lebih berkualitas, dan layanan pelanggan yang unggul sebagai hasil dari upaya Anda. Anda akan terus melebihi harapan pelanggan, artinya pelanggan jauh lebih bahagia dan lebih sedikit keluhan yang masuk.

Jika Anda melihat keluhan sesekali, dengan memiliki sistem manajemen mutu ISO 9001 akan memberi Anda cara yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efektif. Yang pada akhirnya dapat mendorong kepuasan pelanggan lebih tinggi.

Mendapatkan Lebih Banyak Penghasilan

Sebagai hasil dari kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, Anda juga akan melihat peningkatan penjualan. Selain itu, banyak pelanggan Anda mungkin mengharuskan perusahaan Anda memiliki sertifikasi ISO 9001 sebelum melakukan bisnis dengan Anda. Jika Anda sudah terakreditasi, Anda cenderung mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan ini. Anda juga dapat mengiklankan sertifikasi ISO 9001 Anda ke calon pelanggan baru untuk melakukan bisnis dengan mereka, dan sebagai hasilnya, lebih banyak pendapatan.

Bersertifikat ISO 9001 sepadan dengan usaha dan waktu yang Anda investasikan untuk itu. Tidak hanya perusahaan Anda akan lebih efisien serta berorientasi pada kualitas, tetapi karyawan dan pelanggan Anda juga akan melihat perbedaan yang signifikan dan positif. Lakukan hal itu semua bersama kami dari Parama Daksa jasa sertifikasi ISO profesional. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesuksesan perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *