Inilah Pentingnya Prinsip-Prinsip Kepemimpinan dalam ISO 9001

Inilah Pentingnya Prinsip-Prinsip Kepemimpinan dalam ISO 9001

Konsultan ISO – Kepemimpinan adalah tentang membangun kesatuan tujuan dan arah dalam suatu perusahaan. Hal ini juga melibatkan dalam hal penciptaan dan pemeliharaan lingkungan di mana orang dapat sepenuhnya terlibat dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, seseorang harus memulai untuk menetapkan arah, menyusun strategi, merencanakan dan mengimplementasikan ide bisnis. Yang pada akhirnya adalah untuk menemukan cara dan menyediakan sumber daya.

Dalam mengelola kinerja, kepemimpinan sangat penting karena para pemimpin memiliki tujuan dan berorientasi pada hasilnya. Mereka berorientasi pada pencapaian target yang diinginkan di bidang tertentu. Juga penting untuk mengetahui bahwa orientasi semacam itu harus dipelajari. Dengan kata lain, kepemimpinan bisa dikembangkan. Untuk mengelola kinerja perusahaan, para pemimpin diperlukan di berbagai tingkat dan fungsi dalam perusahaan.

Kepemimpinan yang baik itu sangat penting untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain agar mengikutinya kepada sesuatu yang jelas. Artinya adalah bahwa peran kepemimpinan yang krusial berkaitan dengan perubahan. Dalam masa ketidakpastian, perubahan adalah satu-satunya yang konstan untuk kelangsungan hidup perusahaan dan karena hal ini pula perusahaan akan berumur panjang. Ketika perubahan membawa kegelisahan kepada karyawan, seorang pemimpin yang baik harus membantu orang-orang tersebut. Khususnya untuk mengetahui perusahaan melalui nilai-nilai, prinsip-prinsip panduan dan filosofi yang mendasari di masa seperti itu.

Baca Juga: Manfaat Apa yang Bisa Didapat dari Kegiatan Training Team Building?

Di bawah persyaratan ISO 9001, peran kepemimpinan didefinisikan sebagai Tanggung Jawab Manajemen dalam Klausul ke-5. Standar ini mensyaratkan bahwa manajemen tingkat atas untuk memberikan bukti komitmennya terhadap pengembangan dan implementasi sistem manajemen mutu serta terus meningkatkan efektivitasnya. Karena itu manajemen tingkat atas memegang lima tanggung jawab utama seperti:

  • Berkomunikasi dengan semua karyawan tentang pentingnya memenuhi permintaan pelanggan dan persyaratan lainnya,
  • Menetapkan arah melalui kebijakan mutu
  • Menentukan harapan dan hasil pemantauan melalui sasaran mutu yang ditetapkan,
  • Meninjau kinerja keseluruhan perusahaan dengan melakukan tinjauan manajemen,
  • Menyediakan sumber daya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kebijakan Mutu perusahaan adalah alat untuk mengekspresikan tujuan manajemen tingkat atas pada kinerja manajemen mutu. Persyaratan Kebijakan Mutu adalah:

  • Tujuan perusahaan
  • Komitmen pada kesesuaian dengan persyaratan ISO 9001
  • Perbaikan berkelanjutan pada sistem manajemen
  • Kerangka panduan untuk menetapkan dan meninjau kinerja perusahaan, didefinisikan sebagai Tujuan Kualitas atau Mutu.
  • Untuk berkomunikasi dan dipahami oleh semua karyawan
  • Untuk tinjauan berkala untuk memastikan kebijakan yang ditetapkan terus sesuai untuk suatu perusahaan.

Bagaimana seorang pemimpin menciptakan dan memelihara lingkungan agar karyawan dapat sepenuhnya terlibat dalam mencapai tujuan perusahaan lebih sulit untuk dinilai. Secara umum, persyaratan ini dinyatakan sebagai pernyataan yang dianut tentang filosofi dan nilai-nilai inti perusahaan. Praktik nilai-nilai yang dianut ini sulit untuk didokumentasikan atau dicatat kecuali melalui komunikasi yang konstan. Namun demikian, ini sangat penting dalam membangun budaya yang baik demi mendukung kinerja perusahaan.

Komunikasi adalah fungsi kunci lain dari seorang pemimpin. Pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan semua karyawan tentang pentingnya memenuhi persyaratan pelanggan dan persyaratan lain. Seperti hukum, peraturan yang mempengaruhi penggunaan produk atau layanan. Catatan bukti berasal dari berbagai saluran komunikasi dalam sistem manajemen mutu. Seperti pertemuan berkala yang sering dilakukan pada tingkat hierarki dan fungsional yang berbeda dalam sebuah perusahaan. Misalnya, rapat manajemen bulanan, rapat divisi, dll. Untuk mencapai itu semua, Parama Daksa siap selalu membantu Anda sebagai Konsultan ISO yang profesional. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kontak person kami di halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *