ISO 14001 itu bukan hanya tentang bisnis!

Menerapkan ISO 14001 juga menunjukkan bahwa anda adalah orang yang punya rasa tanggungjawab yang besar terhadap kelangsungan generasi yang akan datang.

Kalimat di atas bukanlah kalimat yang berlebihan karena dalam menerapkan ISO 14001 sudah pasti anda akan mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh bisnis yang anda lakukan.

Anda bisa membayangkan betapa gembiranya generasi nanti atas apa yang telah anda lakukan dalam mewariskan lingkungan terbaik untuk mereka.

Sulitkah menerapkan ISO 14001?

Jawabannya adalah “mudah!” apalagi bila anda telah mengadopsi ISO 9001 sebagai tulang punggung sistem manajemen, maka adopsi persyaratan ISO 14001 hanya bagaikan menambahkan potongan lego pada sebuah bangunan yang sudah jadi.

Apa sebenarnya yang disediakan ISO 14001 bagi anda?

ISO 14001 menyediakan kerangka kerja bagi anda untuk melindungi dan tanggap dalam merespon setiap perubahan lingkungan demi terciptanya keseimbangan social dan ekonomi.

Pada dasarnya anda adalah orang yang paling tahu apa dampak lingkungan yang anda hasilkan dari kegiatan produksi/jasa bisnis anda. Jadi kejujuran anda adalah kunci utama kesuksesan menerapkan ISO 14001.

Sama persis dengan ISO 9001, maka ISO 14001 juga memiliki 10 klausul yang mana mulai dari pasal 4 sampai dengan pasal 10 akan menjadi ukuran keberhasilan anda dalam menerapkan ISO 14001. Tak perlu merasa terbebani dulu dengan istilah klausul, ubah cara pandang anda bahwa klausul-klausul yang ada adalah BANTUAN BAGI ANDA dalam upaya memahami Sistem Manajemen Lingkungan. Setiap klausul adalah CLUE bagi anda.

Mulai dari mengidentifikasi isu external dan internal, memahami kebutuhan dan harapan pihak-pihak yang berkepentingan, menetapkan ruang lingkup sistem manajemen lingkungan organisasi anda dan merumuskan proses-proses yang dibutuhkan semua ada di klausul 4.

Dari pasal 4 anda akan mendapatkan Clue tentang apa yang harus anda lakukan.

Seperti contohnya, kegiatan “mengidentifikasi isu external dan internal”, secara otomatis anda akan membuat sebuah daftar yang berisikan isu-isu terkait lingkungan yang mana organisasi anda harus memikul tanggungjawabnya. Ingatlah bahwa isu-isu ini adalah hal penting yang harus anda bahas dengan team anda secara serius. Di sini anda akan berdiskusi, berdebat dan berfikir seksama tentang bagaimana cara yang akan anda tempuh dalam merancang sistem manajemen lingkungan anda. Anda akan mendiskusikan isu terkait lingkungan seperti; iklim, kualitas udara, kualitas air, penggunaan lahan, kontaminasi yang terjadi saat ini, ketersediaan sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati yang kesemuanya terdampak oleh bisnis anda.

Anda juga akan berdiskusi dengan team anda perihal isu budaya, sosial, politik, legalitas, peraturan-perundang undangan, finansial, teknologi, ekonomi, keadaan alamiah organisasi dan saat dalam persaingan. Semua ini dilihat dari kacamata hubungan dampak yang bisnis anda lakukan.

Bila anda selesai dengan daftar ini maka secara otomatis anda telah memenuhi klausul 4.1 dan 4.2. Mudah bukan?

Selanjutnya anda akan dituntun untuk menunjukkan Kepemimpinan dan komitmen anda dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan yang dapat anda tunjukkan melalui keterlibatan anda dalam memastikan keefektifan sistem manajemen lingkungan. Di sini anda juga dituntun untuk menelurkan kebijakan-kebijakan dan sasaran-sasaran terkait lingkungan, memastikan persyaratan sistem manajemen lingkungan benar-benar terintegrasi dalam bisnis proses anda.

Anda tak perlu khawatir karena urutan-urutan klausul dalam buku ISO 14001 sudah dirancang dalam konsep PDCA. Artinya, bila anda mengikuti satu persatu secara berurut klausul-klausul ISO 14001 dalam merancang sistem manajemen lingkungan organisasi anda maka sudah bisa dipastikan anda akan berhasil dalam menerapkannya!

Mau bukti? Perhatikan secara seksama klausul 4, 5, 6 dan 7 adalah tentang PLAN, pasal 8 adalah tentang DO, pasal 9 adalah tentang Check dan pasal 10 tentang Action.

Kembali ke pernyataan awal “ISO 14001 itu bukan hanya tentang bisnis!” tentunya tidak bisa diraih begitu saja. Butuh tidak hanya sekedar awareness, tapi juga dibutuhkan komitmen yang kuat dari Top Manajemen untuk meraih keberhasilan mewariskan lingkungan hidup yang sustain bagi generasi penerus nanti. Anda pasti bisa!

Tunggu apa lagi? Segera bertindak! dengan senang hati kami akan bantu anda mewujudkannya.

 

Ridof Saputra

Call/WA 08111027322

info@pdca.co.id

https://www.virgin.com/virgin-unite/10-global-companies-are-environmentally-friendly

https://www.iso.org/standard/60857.html

https://www.iso.org/the-iso-survey.html

https://www.iso.org/iso-14001-environmental-management.html