Manfaat Apa yang Bisa Didapat dari Kegiatan Training Team Building?

Manfaat Apa yang Bisa Didapat dari Kegiatan Training Team Building?

Konsultasi ISO – Selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat bisnis beralih dari lingkungan kerja yang kompetitif menjadi sebuah lingkungan kerja di mana kolaborasi dan kerja sama antar karyawan dipandang sebagai sebuah kunci keberhasilan.

Sebagai bagian dari perubahan ini, semakin banyak perusahaan yang melakukan kegiatan membangun tim atau team building secara teratur. Kegiatan-kegiatan ini dapat berkisar dari kegiatan penyelesaian masalah yang singkat hingga pengambilan solusi yang berlangsung selama beberapa hari. Dan sementara beberapa orang melihat training team building sebagai ‘istirahat yang menyenangkan’ dari pekerjaan, mereka memang memiliki tujuan yang serius: dan itu adalah untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan staf Anda. Jika Anda dapat mengatur kegiatan pembangunan tim yang memiliki maksud dan tujuan di balik perencanaan maka perusahaan Anda dapat memperoleh beragam manfaat.

Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas  adalah salah satu tujuan paling umum dari kegiatan team building. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengidentifikasi cara untuk meningkatkan tiga hal yaitu kebijakan, proses dan prosedur yang dapat mempengaruhi produktivitas. Dengan mendorong karyawan untuk belajar bekerja bersama secara lebih efektif dan mengurangi duplikasi usaha, karyawan Anda dapat bekerja lebih efisien.

Meningkatkan Motivasi

Kegiatan Training team building dapat membantu meningkatkan motivasi karyawan dan memelihara budaya perusahaan yang sukses dalam beberapa cara. Ketika sekelompok karyawan berhasil menyelesaikan kegiatan Training team building, itu menciptakan momentum dan membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Dan hal itu meningkatkan kepercayaan diri karyawan terhadap kemampuan mereka sendiri dan juga tim mereka. Serta menunjukkan kepada karyawan bahwa perusahaan mau berinvestasi di dalamnya.

Peningkatan Kolaborasi

Salah satu manfaat terpenting dari kegiatan ini  yang tentunya terencana dengan baik adalah kolaborasi yang lebih besar antar karyawan. Kolaborasi adalah tentang mengetahui siapa yang memiliki pengetahuan apa (atau dapat menjawab pertanyaan), mempercayai mereka dan pengalaman mereka serta bisa mendapatkan akses ke orang tersebut saat Anda membutuhkannya. Dengan menciptakan kegiatan yang dinikmati orang dan dapat dialami sebagai sebuah kelompok, karyawan dapat membangun hubungan dan mengembangkan jaringan kontak di luar peran mereka sehari-hari yang akan membantu mereka di masa depan.

Baca Juga: Tantangan Perubahan Iklim dan Lingkungan untuk Bisnis Anda

Mendorong Kreativitas

Untuk memiliki bisnis yang sukses berdasarkan kreativitas dan inovasi, Anda perlu mempekerjakan orang yang berbeda. Khususnya orang-orang dengan beragam perspektif dan keahlian untuk “menyerbuk silang” perusahaan dengan ide-ide segar. Tugas team building yang tidak biasa memberi karyawan izin untuk menggunakan imajinasi mereka. Yang memiliki tujuan untuk menghasilkan solusi kreatif dan mereka mengirim pesan bahwa kreativitas di tempat kerja dapat memunculkan memantulkan ide satu sama lain akan disambut baik.

Penguatan Positif

Kegiatan Training semacam ini juga dapat digunakan untuk memberikan pengakuan kepada karyawan dengan menyoroti pekerjaan yang dilakukan karyawan tertentu. Dan perilaku mereka yang menyebabkan yang bersangkutan menerima pengakuan dan penghargaan tertentu. Dengan memasukkan pengakuan ke dalam pembangunan tim, Anda dapat mengirim pesan yang kuat kepada setiap peserta tentang nilai-nilai dari perusahaan Anda dan apa artinya hal tersebut bagi keberhasilan perusahaan Anda.

Training team building dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengembangkan kolaborasi dan kepercayaan, meningkatkan motivasi, memelihara kekuatan, dan mengatasi kelemahan. Namun, Training tersebut harus memiliki tujuan nyata dan direncanakan dengan baik untuk memberikan dampak yang tulus, daripada sekadar memberikan pengalaman baru.

Kegiatan Training team building dapat membantu Anda membangun budaya perusahaan yang positif dan jenis perilaku yang membuat bisnis berkembang. Tunggu apalagi, hubungi kami dari Parama Daksa hari ini dengan cara klik di sini dan kami akan membantu Anda menuju kesuksesan yang hakiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *