Mengapa Harus ISO? 5 Manfaat Utama dari Sistem Manajemen Mutu

Mengapa Harus ISO? 5 Manfaat Utama dari Sistem Manajemen Mutu

Konsultan ISO – Mendapatkan sertifikasi manajemen mutu ISO adalah sebuah investasi besar untuk bisnis Anda dalam hal peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kepuasan pelanggan. Tetapi sebenarnya manfaat ISO jauh melampaui operasi Anda untuk setiap aspek bisnis yang ada, termasuk penjualan dan pemasaran, perencanaan strategis, dan keterlibatan karyawan.

ISO adalah sebuah organisasi independen non-pemerintah yang mengembangkan standar untuk memastikan kualitas, keamanan dan efisiensi produk, layanan, serta sistem. Dan ini mengharuskan Anda untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk bisnis Anda, menstandarisasi prosesnya dan menjelaskannya kepada karyawan Anda.

Kami, Parama Daksa telah menyarankan banyak pengusaha di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi ISO bagi bisnis mereka. Dan di sini kami berbagi lima manfaat utama untuk menuai hasil dari pencapaian dan pemeliharaan sertifikasi ISO.

1. Identifikasi Risiko dan Peluang

Cara terbaik untuk menangani masalah kualitas adalah dengan mencegahnya sebuah masalah terjadi. Untuk mencapai tujuan ini, ISO 9001 (standar manajemen kualitas yang populer) meminta Anda untuk mengidentifikasi risiko yang berpotensi terhadap bisnis Anda dan mengendalikannya dengan cara yang terstruktur. Pemikiran berbasis risiko ini menghasilkan lebih sedikit kejutan, perencanaan yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih efektif, dan hubungan yang lebih baik dengan pemasok, pelanggan, dan karyawan.

Kita bersama-sama memikirkan hal-hal yang salah melalui hal-hal yang telah dilalui. Dan kita akan bersama-sama berusaha mencegah hal-hal itu terjadi. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengurangi kemungkinan kesalahan terjadi kembali. Pada saat yang sama, ISO meminta Anda untuk mencari peluang untuk bisnis Anda dan mempertimbangkan bagaimana memanfaatkannya secara terorganisir.

2. Mencegah Masalah Terulang Kembali

Terlalu sering bisnis mengulangi kesalahan yang sama karena mereka tidak memiliki sistem untuk mencatat dan memperbaiki masalah yang terjadi. ISO mengharuskan Anda untuk menjaga catatan masalah dengan hati-hati, mencari tahu akar masalahnya dan memberikan solusi yang terbaik. Hasilnya adalah kesalahan menjadi lebih sedikit, kualitas yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah.

Ada begitu banyak kesalahan yang berasal dari pengerjaan ulang dan produk serta layanan yang cacat yang dapat dicegah. Dan hanya dengan ISO, Anda mencari tahu apa masalahnya dan kemudian memperbaikinya. Anda juga menjadikannya bagian dari pengetahuan organisasi sehingga Anda mencegahnya terulang kembali.

3. Meningkatkan Upaya Pemasaran dan Penjualan Anda

Pikirkan berapa kali Anda pernah melihat perusahaan mempromosikan sertifikasi ISO mereka dalam iklan, situs web mereka, dan bahkan di spanduk di luar gedung mereka. Sebagai sistem manajemen kualitas yang diakui secara internasional, mendapatkan sertifikasi ISO akan mendukung pemasaran Anda dan membantu meningkatkan penjualan Anda. Memang, banyak perusahaan besar membutuhkan pemasok merekalah yang memiliki sertifikasi ISO. Dan sertifikasi dapat menjadi sangat penting jika Anda ingin memasuki pasar luar negeri.

Baca Juga: Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Kualitas SDM bagi Karyawan

4. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Semangat kerja karyawan meningkat ketika mereka tahu Anda berkomitmen untuk menghilangkan kesalahan dan menghasilkan produk serta layanan dengan kualitas terbaik. ISO juga mengharuskan Anda menentukan tugas (siapa yang melakukan apa), menghilangkan kesenjangan keterampilan dalam bisnis Anda dan mengkomunikasikan kebijakan kualitas Anda kepada karyawan.

Ketika hal-hal tidak dilakukan secara terorganisir, Anda bisa melihat banyak kebingungan dan keraguan bagi karyawan. Dengan ISO, Anda memberi orang kenyamanan kerangka kerja di mana mereka juga bisa sukses dalam karier mereka. Anda memberi mereka alat, sumber daya, serta pelatihan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Ketika itu terorganisir dengan baik, orang-orang tersebut akan lebih bahagia dan mereka ingin melakukan yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kendali Atas Bisnis Anda Sendiri

ISO mengharuskan Anda memantau, mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi efektivitas sistem manajemen mutu Anda. Dengan melakukannya, Anda akan menghasilkan metrik kinerja yang memungkinkan Anda menilai seberapa baik Anda melakukan sebuah pekerjaan dan di bagian mana Anda perlu meningkatkannya. Ini adalah alat yang ampuh untuk mendapatkan wawasan tentang bisnis Anda dan membuat keputusan yang lebih baik.

Sebagai wirausahawan, ada baiknya Anda mendapatkan gambaran lengkap dan kemudian berkata: “Mungkin, kita perlu menelusuri lebih detail untuk mencari tahu di mana kita perlu memfokuskan upaya peningkatan kita.” Selain menciptakan perusahaan yang lebih kuat, lebih efisien dan produktif saat ini, ISO juga dapat membuat bisnis Anda lebih menarik bagi pembeli ketika tiba saatnya bagi Anda untuk mulai berjualan.

Bagi Anda yang bersemangat dalam memacu bisnis Anda untuk masuk ke dalam dunia bisnis yang sangat keras, ISO adalah solusi terbaik bagi perusahaan Anda. Dan Parama Daksa adalah solusi terbaik bagi Anda dan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kontak person kami yang ada di halaman ini dan marilah sukses bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *