Punya perusahaan tapi pembukuan masih seadanya, emang masalah?


Ya iya laah…MASALAH BESAR ITU!

Bisnis udah milliaran, tapi pembukuan cuma ada laporan kas saja.
Semua transaksi dicampur jadi satu. Enggak ada chart of account. Paling tiap bulan bikin laporan rugi laba jual berapa, keluar biaya berapa. Beres!
Eit ! nanti dulu… itu belum beres.


Pembukuan dengan cara seperti itu sangat berpotensi membuat lemahnya kemampuan Para Direktur Perusahaan dalam mengambil kesimpulan dan menetapkan keputusan strategis dalam bisnis. Sang Direktur tidak tahu kemampuan perusahaan dalam menutup kewajiban jangka pendeknya, mengetahui profitabilitas perusahaannya dan banyak lagi rasio keuangan yang seharusnya bisa dianalisa oleh sang Direktur.


Bisa saja dengan pembukuan seadanya itu membuat Direktur salah memutuskan pembelian mobil baru untuk operasional karena menyangka keadaan kas aman aman saja, padahal masih banyak hutang yang belum diselesaikan atau tagihan-tagihan yang akan segera datang, akhirnya cash flow perusahaan tersendat dan finalnya kehilangan dukungan dari para rekan bisnis serta hilangnya kepercayaan Pelanggan yang merasa dikecewakan akibat turunnya kinerja layanan perusahaan.


Hal-hal jelek di atas bisa diantisipasi jika para Direktur mengimplementasikan sistem pembukuan perusahaan yang sesuai dengan Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan yang diakui di Indonesia.

Bila anda merasa keadaan di atas anda alami maka jangan tunggu nanti, ambil tindakan segera.

Hubungi kami
Ridof Saputra
pdca.co.id
08111027322

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *